Basic HTML

Membuat file HTML 

Untuk anda yang baru memulai membuat website atau sedang mempelajari bagaimana membuat sebuah halaman website, disini saya akan sedikit menjelaskan bagaimana halaman website itu dibuat. Anda dapat membuat halaman web atau dokumen HTML dengan editor teks apapun (termasuk Microsoft Notepad, DOS mengedit, Mac SimpleText, dan UNIX vi). Anda mungkin sudah memiliki setidaknya salah satu editor diinstal pada komputer Anda, bahkan jika Anda belum pernah menggunakannya sebelumnya.
Untuk melihat apa yang tampak seperti HTML dan mempelajari tag HTML yang paling dasar, mari kita lihat sebuah dokumen HTML yang sangat sederhana. Di bawah angka menunjukkan halaman Web sederhana di Microsoft Notepad. Anda dapat mengetik teks yang sama di editor Anda sendiri untuk mengikuti bersama dengan bab ini.
 
Klik di sini untuk melihat gambar yang lebih besar.

Setiap dokumen HTML harus dimulai dengan tag <html> dan diakhiri dengan melengkapi nya, </ html> tag. Selain tag <html>, dokumen ini mencakup tiga pasangan lain dari tag yang harus dimasukkan dalam dokumen HTML:
  • <head> Dan </ head> pasangan tag digunakan untuk menunjukkan informasi tentang dokumen itu sendiri. Anda akan belajar bagaimana menambahkan beberapa informasi ini dalam bab-bab selanjutnya.
  • <title> Dan </ title> tag digunakan untuk menambahkan judul Title bar browser Anda. Judul bar adalah pita berwarna di bagian atas setiap aplikasi yang memberikan nama aplikasi.
  • <body> Dan </ body> tag digunakan untuk mengelilingi setiap teks yang muncul di halaman HTML.
Semua dokumen HTML dipisahkan menjadi dua bagian: kepala dan tubuh. Karena judul berisi informasi tentang dokumen, <title> dan </ title> tag ditempatkan dalam <head> dan </ head> tag.
Jika Anda membuat sebuah halaman HTML sederhana, Anda akan melihat bahwa empat tag yang sama yang hadir dalam kode ini juga.
<html>
<head>
<title> Halaman Web My Second </ title>
</ Head>
<body>
<p> ini adalah halaman web kedua saya. </ p>
</ Body>
</ Html>

Teks yang muncul atau berubah hanya bila diantara tag.
Sekian penjelasan mengenai cara membuat halaman web sederhana dengan html, semoga bermanfaat dan tunggu tahapan berikutnya.


Written by

1 comment:

  1. waah bagus banget nih buat para pemula yg mau belajar pemrogaman

    ReplyDelete